Kamis, 10 Januari 2013

 TEORI ORGANISASI UMUM
PENGERTIAN TEORI ORGANISASI UMUM

Teori Organisasi Umum

Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu
organisasi dalam arti statis (sebagai sesuatu yang tidak bergerak/diam), dan
organisasi dalam arti dinamis (organisme sebagai suatu organ yang hidup,
suatu organisme yang dinamis/proses kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatu wadah tertentu untuk mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama pula.

Pengertian organisasi menurut beberapa para ahli :
1.      Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
2.      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
4.      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Organisasi terbentuk atas dua komponen utama, yakni orang dan sistem. Dua hal yang saling terikat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Penulis menyebut teori organisasi berbeda dengan ‘Perilaku Organisasi’ (PO). PO lebih menekankan pada bahasan perilaku dan interaksi orang-orang di dalamnya secara mikro. Stephen tak lupa merangkum teori awal organisasi dan perkembangannya. Mulai dari ‘sistem tertutup’ yang dianut organisasi pada abad 18-19, manajemen audit, cerita mengenai F. Taylor hingga Miles & Soagan. Stephen bukan hanya memaparkan teori struktur organisasi yang dikemukakan oleh Mintzberg (Sederhana, Birokrasi Profesional, Mesin Birokrasi, Divisi dan Adokrasi), tetapi juga mengemukakan bahasan baru. Ada 3 jenis struktur yang utama, yakni sentralisasi, formalitas dan kompleksitas. 3 variabel tersebut yang menjadi pembeda. Dikatakan pula bahwa penyebab terjadinya struktur dalam perspektif industrialisasi bermula dari proses industri, kemudian menjadi strategi dan berakhir pada pembuatan struktur organisasi. Jika dikaitkan dengan perkembangan ilmu yang lebih relevan saat ini, maka istilah yang cukup mendekati untuk mewakili ‘strategi’ adalah ‘proses bisnis’.

TEORI ORGANISASI

Teori organisasi adalah studi tentang bagaimana organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. [3]

Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Teori organisasi Muncul pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.

Atmosudirjo mengemukakan bahwa teori organisasi modern dalam ilmu administrasi dapat dibagi menjadi lima golongan, yaitu :
(1) teori organisasi klasi
(2) teori hubungan antar manusia
(3) teori proses
(4) teori perilaku dan
(5) teori sistem (The System theory of Organization)

Ciri-ciri, Unsur, dan Teori Organisasi

A. Ciri-ciri Organisasi Modern

    Organisasi bertambah besar
    Pengolahan data semakin cepat
    Penggunaan staf lebih intensif
    Kecenderungan spesialisasi
    Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
    Unsur-unsur organisasi lebih lengkap

B. Unsur-unsur Organisasi

    Manusia (Man)
    Kerjasama
    Tujuan bersama
    Peralatan (Equipment)
    Lingkungan
    Kekayaan alam
    Kerangka/konstruksi mental organisasi

C. Teori Organisasi

    Teori Organisasi Klasik (Teori Tradional), terdiri dari : Teori Birokrasi, Teori Administrasi, Manajemen Ilmiah.
    Teori Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi), adalah teori yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.
    Teori Organisasi Modern, adalah teori yang semua unsur dari organisasi dijadikan sebagai suatu kesatuan dan saling ketergantungan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhI31BMp5yg9xrI9D6DokTAdQFtavAxFFuLQIzAjeLNb7mW2Fs-MldumRK0Qtvpq15jDbMutypk-2LgrN8KTU1mMXyhuLJTvzj1fEWsJSIsEDOE481tGJjWrUWWMKimUTdqGS8dQrdCHadh/s1600/sistem+prilaku+organisasi.jpeg

Macam-macam Organisasi dari Segi Tujuan

A. Organisasi Niaga
Organisasi niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.

Macam-macam dari organisasi niaga adalah sebagai berikut :

    Perseroan Terbatas (PT), adalah suatu perusahaan yang modal dan sahamnya terdiri dari saham milik pribadi dan sebagian dari pihak lain atau asing.
    Perseroan Komanditer (CV), adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
    Firma (FA), adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.
    Koperasi, adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan demi kepentingan bersama.
    Join Ventura, adalah kerjasama dua pihak atau lebih dalam bidang bisnis untuk membentuk sebuah perusahaan baru.
    Trust, adalah gabungan atau kerjasama dari beberapa perusahaan.
    Kontel, adalah persekutuan berbagai perusahaan yang sejenis yang memiliki perjanjian tertentu.
    Holding Company, adalah perusahaan yang sahamnya patungan yang biasanya mengawasi satu atau lebih perusahaan.

B. Organisasi Sosial
Organisasi sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.

Jalur pembentukan organisasi kemasyarakatan (sosial) dibedakan menjadi :

    Jalur keagamaan
    Jalur profesi
    Jalur kepemudaan
    Jalur kemahasiswaan
    Jalur kepartaian dan kekaryaan


Bentuk Organisasi

    Organisasi Garis atau Line, yaitu bentuk/struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana yang diciptakan oleh Henry Fuyol.
    Organisasi Fungsional, yaitu bentuk/struktur organisasi yang dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas. Setiap atasan berwewenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.
    Organisasi Garis dan Staf, yaitu merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional sehingga menyebar struktur organisasi tersebut.
    Organisasi Fungsional dan Staf, yaitu bentuk yang memadukan antara tipe organisasi garis, fungsional, dan staf.


Tipe Organisasi

    Piramida Mendatar (Flat), yaitu tipe organisasi yang jumlah satuan organisasinya tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit. Selain itu pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak, dan juga format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil. Di Indonesia contohnya adalah organisasi kemiliteran.
    Piramida Terbalik, adalah tipe organisasi yang jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi/lembaga penelitian dan juga lembaga pendidikan.
    Kerucut, adalah tipe organisasi yang jumlah satuan organisasinya banyak sehingga tingkat hirarki atau kewenangan banyak. Selain itu rentang kendalinya sempit, dan pelimpahan wewenang ditujukan kepada pejabat/pimpinan yang rendah, serta jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.


Struktur Organisasi

Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi, yang disebut sebagai struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan tertentu.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/77/Struktur_Organisasi_Pusdiklat.png/400px-Struktur_Organisasi_Pusdiklat.png
Contoh Struktur Organisasi

Skema Organisasi

Berdasarkan teknik atau cara membuatnya, skema organisasi dibedakan menjadi beberapa macam. Yaitu sebagai berikut :

    Skema organisasi tegak lurus dari atas ke bawah
    Skema organisasi mendatar dari kiri ke kanan
    Skema organisasi gabungan tegak lurus dan mendatar
    Skema organisasi lingkaran
    Skema organisasi gambar

Dan juga berdasarkan isi atau fungsi di dalamnya, sebagai berikut :

    Skema Organisasi Fungsional, menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain.
    Skema Organisasi Jabatan, menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
    Skema Organisasi Nama, menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan.
    Skema Organisasi Nama dan Jabatan, menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi.
    Skema Organisasi Struktur, menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.

SUMBER :
 http://fikriwardana.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi-umum.html
http://dhika-iverson.blogspot.com/2010/10/pengertian-teori-organisasi-umum.html
http://diananuramalina.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi-umum_5.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar